5 Tips Mencuci Sofa Kain Dengan Benar

Author: oxygen, Date: October 16, 2019

Mencuci sofa kain tidaklah sulit dan memakan waktu asalkan anda tahu caranya. Ada banyak alasan kenapa Anda harus secara rutin mencuci sofa kain anda. Tumpahan minuman atau sisa makanan bisa membuat sofa anda menjadi kotor dan berbau. Atau bahkan debu yang berada di luar rumah atau kantor anda bisa saja masuk dan mengotori sofa anda. Jika anda tidak membersihkannya secara baik dan teratur, sofa kain tersebut bisa saja rusak secara perlahan.

Simak tips berikut ini cara membersihkan sofa kain dengan benar tanpa merusak sofa anda.

Baca Buku Petunjuk Sofa Anda

Pada saat Anda membeli sofa di toko pastikan anda mendapatkan buku petunjuk cara perawatan atau material sofa anda. Di dalam buku petunjuk tersebut Anda bisa mengetahui terbuat dari material apa sofa anda dan bagaimana cara membersihkan atau merawat secara teratur dan baik sofa tersebut.

Jenis sofa kain khusus seperti beledu cukup rumit untuk dibersihkan dan membutuhkan perawatan khusus supaya sofa kain Anda tidak rusak. Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua bahan kimia seperti sabun bisa digunakan untuk mencuci sofa. Itulah pentingnya mengapa Apa Anda perlu menyimpan dan membaca buku petunjuk tersebut sebelum membersihkan sofa kain anda.

Ada beberapa jenis sofa kain yang bisa dilepas penutupnya. Jenis sofa seperti ini jauh lebih mudah dicuci karena penutup nya tinggal Anda lepas secara hati-hati. Lalu cuci penutup sofa tersebut dengan cara merendam ke dalam air sabun yang lembut bahkan anda bisa memasukkannya ke dalam mesin cuci dan memilih mode pencucian khusus untuk kain lembut. 

Sedot Debu Secara Menyeluruh

Cara selanjutnya yang anda bisa tempuh adalah membersihkan sofa dari debu dengan cara menggunakan vacuum cleaner. Ini bertujuan untuk menghisap debu-debu dan sisa makanan yang tercecer di kain sofa. Utamakan membersihkan bagian bagian sudut di mana debu sering menumpuk. 

Sebaiknya anda menggunakan vacuum cleaner yang memiliki ujung khusus yang biasa digunakan untuk membersihkan sofa kain. Sedot lah debu dengan satu arah mulai dari bagian atas sofa hingga bagian bawah sofa. Sedot debu dengan menggunakan kekuatan ringan jangan terlalu tinggi sebab bisa menyebabkan kain sofa Anda rusak.

Jenis kain sofa seperti kain linen, sutra, beludru, atau corduroy cukup sensitif permukaannya. Jenis kain sofa tersebut mudah menyerap debu dan menyimpan debu. Jangan lupa sedot juga pada bagian bawa bantal bagian sudut dan sepanjang jahitan.

Bersihkan Noda Sisa Minuman

Tumpahan minuman di atas kain sofa pasti akan meninggalkan noda atau bekas Dan juga mungkin bau yang tidak sedap pada sofa. Bekas tumpahan minuman yang tidak dibersihkan secepatnya akan pasti meninggalkan bekas dan pasti akan sulit dibersihkan sebab terserap masuk ke dalam pori-pori kain sofa.

Untuk membersihkan noda tersebut Anda membutuhkan deterjen yang cocok untuk sofa kain anda, sebelum anda pakai cobalah terlebih dahulu deterjen tersebut pada sebagian kecil kain sofa anda ada. jika deterjen tersebut menyebabkan pudarnya warna kain sofa, itu artinya deterjen tersebut tidak cocok untuk dipakai membersihkan kain sofa.

Gunakan sikat yang memiliki bulu lembut yang telah dicelupkan pada cairan diterjen. Jangan pernah menggunakan cairan pembersih yang mengandung silikon sebab silikon bisa menutupi pori-pori sofa kain berjenis vinyl. Penggunaan silikon bisa menyebabkan sofa kain menjadi kaku dan kasar sehingga tidak nyaman lagi di duduki.

Gunakan Pasta Untuk Membersihkan Sofa

Jika anda memiliki sofa dengan kode S/W itu artinya anda tidak boleh mencucinya dengan menggunakan air sabun tetapi pakai lah pasta. Cara menggunakannya cukup sederhana dan mudah. Yang anda perlukan adalah peralatan seperti kanebo, kain lap, dan pasta pembersih sofa itu sendiri yang bisa anda beli di toko peralatan kebersihan rumah.

Setelah anda mendapatkan semua peralatan yang diperlukan anda sudah bisa memulai mencuci dengan cara kering atau menggunakan pasta. Caranya, ambil pasta lalu taruh secukupnya pada bagian permukaan sofa kain. Biarkan beberapa menit agar noda membandel di permukaan sofa bisa terangkat dan lebih mudah dibersihkan. 

Langkah selanjutnya yaitu ambilah kain bersih lalu usap pada bagian sofa yang terkena noda tadi. Setelah anda anggap cukup bersih lalu keringkan permukaan sofa menggunakan kanebo atau Anda juga bisa menyedot debu agar tidak meninggalkan sisa-sisa debu pasta di permukaan sofa.

Jika anda merasa membersihkan sofa terlalu sulit bagi anda cobalah menghubungi jasa layanan cuci sofa di kota Anda. Jika anda berada di Kota Makassar anda bisa menghubungi laundry karpet Makassar yang menyediakan berbagai jasa layanan cuci karpet, cuci sofa, cuci springbed, dan berbagai layanan lainnya. Laundry Sofa Makassar sudah berpengalaman dan profesional dan memiliki pelanggan banyak tersebar di Kota Makassar baik pelanggan individu maupun pelanggan kantoran.

ALAMAT
Kantor: Jalan Tamalate II No. 12, Makasssar, Sulawesi Selatan.

Workshop 1: Jalan Poros Mangka Dg. Bombong, Kab. Gowa, Makassar, Sulawesi Selatan.

Workshop 2: Jalan Poros Taeng No.48 Sungguminasa Kab.Gowa
Proudly powered by Laundry Karpet Makassar

Follow Us

phone-handset
×
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram